PAS IPS (SOAL KELAS 5 SD/MI)
Penilaian akhir semester (PAS) untuk mata pelajaran IPS kelas 5 dengan materi : karakteristik geografis Indonesia, bentuk-bentuk interaksi manusia, kegiatan ekonomi di masyarakat dan pembangunan sosial. Penilaian ini dilakukan di akhir semester ganjil. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing Kompetensi Dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran. Tujuan dari penilaian adalah untuk mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan dan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan.
Baca juga : Silabus Tematik Kelas 5
Berikut contoh soal PAS IPS Kelas 5 SD/MI :
I. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA SALAH SATU HURUF a, b, c ATAU d YANG KAMU ANGGAP PALING TEPAT !
1. Gambaran atau lukisan permukaan bumi dalam bentuk datar disebut . . . .
a. daerah
b. peta
c. denah
d. pulau
2. Warna biru pada peta adalah menggambarkan kenampakan alam . . . .
a. dataran rendah
b. gunung
c. laut
d. dataran tinggi
3. Indonesia merupakan negara kepulaun, yang tersebar dari . . . .
a. Sabang hingga Merauke
b. Banten hingga Madura
c. Sabang hingga Maluku
d. Pontianak hingga Makasar
4. Gambar di atas adalah pulau . . . .
a. Kalimantan
b. Sulawesi
c. Papua
d. Sumatera
5. Letak negara Indonesia di antara 2 benua adalah . . . .
a. Asia dan Australia
b. Asia dan Eropa
c. Asia dan Afrika
d. Asia dan Amerika
6. Upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut kegiatan . . . .
a. olahraga
b. ekonomi
c. politik
d. kebudayaan
7. Kegiatan yang menghasilkan barang disebut . . . .
a. produksi
b. distribusi
c. konsumsi
d. distributor
8. Pedagang di pasar atau pedagang grosir termasuk . . . .
a. produsen
b. distributor
c. konsumen
d. konsumsi
9. Sikap saling menghargai dan menghormati jenis usaha orang lain, akan menciptakan suasana . . . .
a. nyaman dan sejahtera
b. tidak aman
c. terpecah belah
d. menakutkan
10. Pertamina dan PLN termasuk perusahaan. . . .
a. FIRMA
b. CV
c. Koperasi
d. BUMN
11. Nelayan berinteraksi dengan lingkungannya yaitu . . .
a. tanah dan tanaman
b. laut dan ikan
c. pasar dan pembeli
d. tanah dan laut
12. Segala aktivitas sosial yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan sosial adalah . . .
a. pembangunan sosial
b. interaksi sosial
c. pengetahuan sosial
d. kesenjangan sosial
13. Yang termasuk contoh pembangunan sosial budaya adalah . . . .
a. petani dengan pemasok dan distributor
b. pasar dengan penjual dan pembeli
c. nelayan dengan tempat pelelangan ikan
d. siswa mempelajari tari daerah
14. Manfaat Koperasi Unit Desa (KUD) adalah . . . .
a. memberikan penyuluhan tentang usaha pertanian
b. memberikan penyuluhan tentang pendidikan
c. memberikan penyuluhan kepada para pedagang
d. menyediakan alat-alat sekolah
15. Di bawah ini yang tidak termasuk organisasi dalam mengembangkan bakat adalah . . . .
a. Palang Merah Indonesia
b. Sanggar Lukis
c. Sekolah Sepakbola
d. Sanggar Tari
16. Interaksi yang mengarah ke persatuan adalah . . . .
a. jual beli
b. berbincang
c. berdiskusi
d. gotong royong
17. Di bawah ini yang termasuk usaha pembangunan sosial dan budaya adalah . . .
a. tawuran
b. ronda malam
c. pencurian
d. gempa bumi
18. Dengan adanya taman kota, merupakan contoh interaksi . . .
a. lingkungan
b. sosial
c. budaya
d. pendidikan
19. Pasar dan Mal adalah interaksi di bidang . . . .
a. ekonomi
b. budaya
c. olahraga
d. sosial
20. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda, termasuk potensi . . . .
a. budaya
b. sosial
c. fisik
d. ekonomi
II. ISILAH SOAL-SOAL DI BAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG TEPAT !
21. Letak negara Indonesia di antara dua samudera, yaitu samudera . . . .dan samudera . . .
22. Gambar di atas adalah pulau . . . . .
23. Contoh kenampakan alam adalah . . . .
Baca juga : Kenampakan Alam dan Buatan
24. Hasil dari kegiatan peternakan adalah . . . . . . . dan . . . . . . .
25. Kegiatan ekonomi ada tiga jenis yaitu . . . . . . . , . . . . . . . .dan . . . . . .
26. Orang yang melakukan kegiatan produksi adalah . . . .
27. Contoh kegiatan ekonomi perorangan adalah . . . .
28. Di daerah pegunungan dimanfaatkan untuk kegiatan . . . . .
29. Hubungan-hubungan sosial yang menyangkut antarindividu, antarkelompok, atau antara individu dan kelompok untuk memenuhi kebutuhan hidupnya adalah . . . .
30. Tujuan pembangunan sosial adalah untuk . . . .
III. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR !
31. Tuliskan contoh kenampakan buatan yang berada dilingkungan sekitarmu!
32. Apa arti kegiatan distribusi?
33. Apa keuntungan kegiatan ekonomi perorangan?
34. Tuliskan contoh interaksi sosial di lingkungan sekitarmu!
35. Bagaimana cara menghargai kegiatan ekonomi di masyarakat?
Bagi yang ingin soal PAS IPS kelas 5 SD/MI silahkan download di bawah ini :