PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) GENAP TEMA 6 KELAS 5 SD/MI
Soal penilaian tengah semester (PTS) genap Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) kelas 5 SD/MI. Penilaian ini terdiri dari 25 pilihan ganda, 5 isian singkat dan 5 essay. Di dalam Tema 6 juga terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKN dan SBdP. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing kompetensi dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran. Tujuan dari penilaian adalah untuk mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan dan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan.
Berikut contoh soal penilaian tengah semester (PTS) genap Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) kelas 5 SD/MI :
I. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA SALAH SATU HURUF a, b, c ATAU d YANG KAMU ANGGAP PALING TEPAT !
1. Teks eksplanasi disajikan sesuai dengan . . . .
a. waktu
b. kegiatan
c. tempat
d. fakta dan data
a. waktu
b. kegiatan
c. tempat
d. fakta dan data
Baca juga : SOAL PPKN KELAS 4 SD/MI
2. Di bawah ini yang bukan bagian dari teks eksplanasi adalah . . . .
a. pernyataan umum
b. kesimpulan
c. imajinasi
d. deretan penjelas
a. pernyataan umum
b. kesimpulan
c. imajinasi
d. deretan penjelas
3. Ciri-ciri dari teks eksplanasi adalah . . . .
a. membahas suatu fenomena yang bersifat keilmuan
b. terdapat ide pokok dari setiap paragraf
c. ada gambar penjelasnya
d. kesimpulan terdapat di atas paragraf
a. membahas suatu fenomena yang bersifat keilmuan
b. terdapat ide pokok dari setiap paragraf
c. ada gambar penjelasnya
d. kesimpulan terdapat di atas paragraf
Bacalah teks berikut ini untuk soal nomor 4!
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya panas matahari dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian.
4. Kata kunci pada paragraf di atas adalah . . . .
a. asal mula api
b. cara menghasilkan energi panas
c. sumber energi panas
d. kegunaan matahari
a. asal mula api
b. cara menghasilkan energi panas
c. sumber energi panas
d. kegunaan matahari
5. Kalimat langsung atau lugas dan tidak bertele-tele disebut kalimat . . . .
a. tanya
b. efektif
c. penjelas
d. induktif
a. tanya
b. efektif
c. penjelas
d. induktif
6. Sumber energi panas yang paling penting untuk makhluk hidup adalah . . . .
a. api
b. lampu
c. matahari
d. listrik
a. api
b. lampu
c. matahari
d. listrik
7. Perpindahan panas tanpa melalui zat perantara disebut . . . .
a. radiasi
b. konduksi
c. konveksi
d. kalor
a. radiasi
b. konduksi
c. konveksi
d. kalor
8. Sendok logam akan terasa panas ketika dimasukkan ke dalam air teh panas adalah contoh . . . .
a. konduksi
b. konveksi
c. radiasi
d. penyusutan
a. konduksi
b. konveksi
c. radiasi
d. penyusutan
9. Contoh pemuaian dalam kehidupan sehari-hari adalah . . . .
a. kabel telepon akan memendek pada malam hari dibandingkan siang hari
b. rel kereta melengkung saat cuaca panas
c. agar-agar memadat saat dingin
d. ban sepeda akan mengempis jika sepeda diletakkan pada lantai dalam waktu yang lama
a. kabel telepon akan memendek pada malam hari dibandingkan siang hari
b. rel kereta melengkung saat cuaca panas
c. agar-agar memadat saat dingin
d. ban sepeda akan mengempis jika sepeda diletakkan pada lantai dalam waktu yang lama
10. Berikut ini yang termasuk isolator adalah . . . .
a. besi
b. aluminium
c. plastik
d. tembaga
a. besi
b. aluminium
c. plastik
d. tembaga
Baca juga : SOAL IPS KELAS 4 SD/MI
11. Setiap warga negara juga memiliki . . . dan kewajiban sesuai perannya di dalam masyarakat.
a. hak
b. tugas
c. persatuan
d. tanggung jawab
a. hak
b. tugas
c. persatuan
d. tanggung jawab
12. Setiap warga negara Indonesia, mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam . . . sebagai dasar Negara Republik Indonesia
a. UUD 1945
b. garuda
c. Pancasila
d. bendera merah putih
a. UUD 1945
b. garuda
c. Pancasila
d. bendera merah putih
13. Tanggung jawab untuk menghormati perbedaan keyakinan teman dan anggota masyarakat sesuai dengan pengamalan nilai Pancasila sila . . . .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
14. Sikap menyadari dan siap melaksanakan tugas disebut . . . .
a. hak
b. kewajiban
c. tanggung jawab
d. tugas
a. hak
b. kewajiban
c. tanggung jawab
d. tugas
15. Di bawah ini yang merupakan hak siswa adalah . . . .
a. mendapat perlindungan hukum
b. menggunakan fasilitas di sekolah
c. mendapatkan uang jajan di sekolah
d. bebas memeluk agama yang dipercayai
a. mendapat perlindungan hukum
b. menggunakan fasilitas di sekolah
c. mendapatkan uang jajan di sekolah
d. bebas memeluk agama yang dipercayai
16. Lingkungan yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia disebut lingkungan . . . .
a. sosial
b. budaya
c. ekonomi
d. alam
a. sosial
b. budaya
c. ekonomi
d. alam
17. Perilaku manusia yang suka membuang sampah sembarangan dapat . . . .
a. merusak lingkungan alam
b. memperindah lingkungan alam
c. melestarikan lingkungan alam
d. menjaga keseimbangan lingkungan alam
a. merusak lingkungan alam
b. memperindah lingkungan alam
c. melestarikan lingkungan alam
d. menjaga keseimbangan lingkungan alam
18. Interaksi petani garam dengan alam adalah . . . .
a. air laut, cuaca dan faktor tanah
b. laut, cuaca dan ikan
c. tanaman, cuaca dan faktor tanah
d. tumbuhan dan air laut
a. air laut, cuaca dan faktor tanah
b. laut, cuaca dan ikan
c. tanaman, cuaca dan faktor tanah
d. tumbuhan dan air laut
19. Usaha menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut kegiatan . . . .
a. sosial
b. ekonomi
c. budaya
d. olahraga
20. Manfaat pembangunan ekonomi yaitu untuk . . . .
a. seluruh alam
b. kegiatan produksi
c. masyarakat perkotaan
d. meningkatkan kemakmuran rakyat
a. sosial
b. ekonomi
c. budaya
d. olahraga
20. Manfaat pembangunan ekonomi yaitu untuk . . . .
a. seluruh alam
b. kegiatan produksi
c. masyarakat perkotaan
d. meningkatkan kemakmuran rakyat
21. Tangga nada pentatonik memiliki . . . .
a. 4 nada
b. 5 nada
c. 6 nada
d. 7 nada
a. 4 nada
b. 5 nada
c. 6 nada
d. 7 nada
22. Alat musik yang mengiringi lagu-lagu yang bertangga nada pentatonik adalah . . . .
a. gamelan
b. gitar
c. piano
d. drum
a. gamelan
b. gitar
c. piano
d. drum
23. Garis imajiner yang dilalui penari saat melakukan gerak tari adalah . . . .
a. properti
b. hiasan tari
c. pola lantai
d. musik tari
a. properti
b. hiasan tari
c. pola lantai
d. musik tari
24. Pola lantai yang memiliki makna biasanya pola lantai tarian . . . .
a. klasik
b. modern
c. kelompok
d. berdua
a. klasik
b. modern
c. kelompok
d. berdua
25. Langkah pertama untuk membuat gambar cerita adalah . . . .
a. membuat sketsa
b. menyempurnakan garis-garis pada sketsa
c. mewarnai gambar sketsa
d. memahami teks atau cerita
a. membuat sketsa
b. menyempurnakan garis-garis pada sketsa
c. mewarnai gambar sketsa
d. memahami teks atau cerita
Baca juga : Silabus Tematik Kelas 5 SD/MI
II. ISILAH SOAL-SOAL DI BAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG TEPAT !
26. Teks yang menjelaskan mengenai berbagai peristiwa (fenomena alam, sosial dan budaya) disebut teks . . . .
27. Contoh bahan yang dapat menghantarkan panas (konduktor) adalah . . . .
28. Menaati peraturan lalu lintas merupakan kewajiban sebagai . . . .
29. Kegiatan ekonomi bertujuan untuk . . . .
30. Contoh lagu daerah yang bertangga nada pentatonik adalah . . . .
Baca juga : RPP Tematik Kelas 5 SD/MI (1 Lembar)
III. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR !
31. Tuliskan bagian-bagian dari teks eksplanasi!
32. Tuliskan contoh perpindahan panas secara radiasi!
33. Apa yang terjadi bila kamu tidak melaksanakan kewajiban?
34. Bagaimana cara mengatasi pemanasan global?
35. Gambarlah bentuk-bentuk pola lantai!
Bagi yang ingin soal penilaian tengah semester (PTS) genap Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) kelas 5 SD/MI ini silahkan download di bawah ini.