SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS 5
Soal penilaian akhir tahun (PAT) tema 6 panas dan perpindahannya kelas 5 terdiri dari mata pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKn, dan SBdP.
I. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA SALAH SATU HURUF A, B, C ATAU D YANG KAMU ANGGAP PALING TEPAT !
1. Contoh hak anak sebagai pelajar adalah....
A. mendapatkan fasilitas belajar
B. menjaga keamanan lingkungan
C. menggunakan telepon umum
D. mendapat kasih sayang orang tua
2. Gambar di bawah merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak untuk....
A. kelangsungan hidup
B. mempertahankan hidup
C. beribadah
D. meningkatkan kesejahteraan hidup
3. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh. Hal tersebut sesuai dengan UUD 1945 pasal....
А. 27 ayat 1
B. 28 ayat 1
C. 29 ayat 1
D. 30 ayat 1
4. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hal tersebut sesuai dengan UUD 1945 pasal....
A. 27 ayat 1
B. 28 ayat 1
C. 27 ayat 2
D. 28 ayat 2
5. Apapun pekerjaan yang dijalani, selalu saja dihadapkan pada hak dan kewajiban, misalnya nelayan. Hak seorang yang berprofesi sebagai nelayan adalah....
A. mensejahterakan masyarakat
B. mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah
C. mencemari laut
D. menghidupi keluarga
6. Permasalahan sosial terjadi akibat....
A. hak dan kewajiban dilaksanakan dengan sungguh-sungguh
B. adanya pihak yang melaksanakan kewajiban dengan sungguh-sungguh
C. kesadaran seseorang untuk melaksanakan kewajiban
D. adanya pihak yang tidak melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
Dalam kehidupan sehari-hari, kita terkadang menjumpai perilaku tidak bertanggung jawab di jalan raya.
7. Peristiwa sosial pada teks di atas dapat menyebabkan terjadinya.....
A. kecelakaan
B. ketentraman
C. keberuntungan
D. kesejahteraan
Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang dapat berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. Perpindahan kalor dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu dalam benda. Kalor dapat menaikkan dan menurunkan suhu.
8. Kata-kata kunci yang tepat pada teks di atas adalah....
A. kalor dan benda
B. benda dan energi
C. kalor dan suhu
D. subu dan energi
Jika seseorang menanyakan nilai derajat panas tubuhnya, orang yang ditanya menjawab nilai 37 derajat.
9. Kalimat tanya yang tepat untuk pernyataan di atas adalah.....
A. Berapa derajat panas tubuh seseorang?
B. Bagaimana keadaan panas tubuhmu?
C. Kapan panas tubuhmu diukur?
D. Siapa yang mengukur panas tubuhmu?
A. suhu sangat erat hubungannya dengan panas
B. panas menupakan salah satu energi
C. suhu dan panas tidak dapat dibedakan
D. perbedaan suhu dan panas
A. Di manakah nelayan Lamalera memperoleh ikan?
B. Apakah nama suku yang tinggal di desa Lamalera?
C. Apakah profesi masyarakat desa Lamalera untuk memenuhi kehidupan mereka?
D. Apakah tradisi yang harus dipertahankan oleh masyarakat desa Lamalera?
12. Teks yang berisi tentang penjelasan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, dan budaya disebut teks....
A. eksplanasi
B. narasi
C. deskripsi
D. investasi
A. penduduk pesisir pantai lebih banyak berprofesi sebagai petani garam
B. lahan tersebut dibuatkan saluran yang berhubungan dengan air laut
C. mereka membuka lahan di pesisir pantai
D. lahan yang sudah berisi air laut dibiarkan mengering
14. Langkah-langkah untuk menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi adalah....
A. menandai kata atau kalimat yang mengandung kata kunci
B. cermati kalimat yang telah dibuat sesuai pedoman
C. buatlah cerita dari kalimat tersebut
D. susunlah kalimat-kalimat menjadi paragraf
15. Sumber energi panas pada gambar di bawah berasal dari....
B. benda dan energi
C. kalor dan suhu
D. subu dan energi
Jika seseorang menanyakan nilai derajat panas tubuhnya, orang yang ditanya menjawab nilai 37 derajat.
9. Kalimat tanya yang tepat untuk pernyataan di atas adalah.....
A. Berapa derajat panas tubuh seseorang?
B. Bagaimana keadaan panas tubuhmu?
C. Kapan panas tubuhmu diukur?
D. Siapa yang mengukur panas tubuhmu?
Suhu sangat erat hubungannya dengan panas. Di dalam lingkungan, kadang-kadang pengertian suhu dan panas tidak dapat dibedakan. Jika seseorang menanyakan nilai derajat panas tubuhnya, orang yang ditanya menjawab nílai 37 derajat. Jawaban ini tidak benar karena suhu dan panas adalah dua hal yang berbeda. Panas merupakan salah satu energi, sedangkan suhu merupakan derajat panas suatu benda.
10. Pokok pikiran pada teks di atas adalah.....A. suhu sangat erat hubungannya dengan panas
B. panas menupakan salah satu energi
C. suhu dan panas tidak dapat dibedakan
D. perbedaan suhu dan panas
Desa lamalera, kecamatan Wulandoni, kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu desa nelayan tradisonal yanag menjadikan laut sebagai ladang kehidupan mereka. Laut adalah ibu yang memberikan kehidupan sejak zaman nenek moyang mereka. Dari hasil laut, masyarakat di desa ini telah berhasil mengirimkan anak-anak mereka untuk bersekolah dan pada akhirnya bekerja.
11. Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks bacaan di atas adalah....A. Di manakah nelayan Lamalera memperoleh ikan?
B. Apakah nama suku yang tinggal di desa Lamalera?
C. Apakah profesi masyarakat desa Lamalera untuk memenuhi kehidupan mereka?
D. Apakah tradisi yang harus dipertahankan oleh masyarakat desa Lamalera?
12. Teks yang berisi tentang penjelasan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, dan budaya disebut teks....
A. eksplanasi
B. narasi
C. deskripsi
D. investasi
Penduduk pesisir pantai banyak berprofesi sebagai petani garam. Mereka membuka lahan di sekitar pesisir pantai. Lahan tersebut dibuatkan saluran yang berhubungan dengan air laut. Lahan yang sudah diisi penuh dengan air laut akan ditutup salurannya dan akan dibiarkan mengering. Setelah beberapa hari dibiarkan mengering, garam pun akan terbentuk dan siap untuk dipanen.
13. Pokok pikiran pada teks di atas adalah....A. penduduk pesisir pantai lebih banyak berprofesi sebagai petani garam
B. lahan tersebut dibuatkan saluran yang berhubungan dengan air laut
C. mereka membuka lahan di pesisir pantai
D. lahan yang sudah berisi air laut dibiarkan mengering
14. Langkah-langkah untuk menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi adalah....
A. menandai kata atau kalimat yang mengandung kata kunci
B. cermati kalimat yang telah dibuat sesuai pedoman
C. buatlah cerita dari kalimat tersebut
D. susunlah kalimat-kalimat menjadi paragraf
15. Sumber energi panas pada gambar di bawah berasal dari....
A. matahari
B. panas bumi
C. kompor
D. aliran listrik
16. Kabel jaringan listrik atau kabel telepon dipasang kendur dari tiang satu ke tiang lainnya agar tidak terputus ketika terjadi....
A. pemuaian
B. perubahan bentuk
C. pemanasan
D. penyusutan
17. Pada peristiwa di bawah, yang menjadi penghantar energi panas adalah....
A. kayu bakar
B. udara
C. angin
D. api unggun
18. Perpindahan panas melalui aliran, di mana zat perantaranya ikut berpindah dinamakan perpindahan panas secara....
A. konveksi
B. konduksi
C. radiasi
D. isolator
19. Aktivitas yang terjadi pada gambar di bawah, merupakan peristiwa perpindahan panas secara....
A. radiasi
B. konveksi
C. isolator
D. konduksi
20. Air yang dipanaskan di dalam panci. Ketika memanaskan air, air akan terlihat seperti diaduk. Peristiwa tersebut merupakan perpindahan panas secara....
A. konveksi
B. konduksi
C. radiasi
D. isolator
21. Perhatikan benda-benda berikut ini
Benda-benda di atas yang bersifat isolator adalah....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
22. Hasil interaksi yang terjadi antara nelayan dengan alam bagi masyarakat sekitar adalah mudah mendapatkan....
A. sayur mayur
B. kelapa sawit
C. ikan segar
D. sarana transportasi
23. Dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan pada perkebunan kelapa sawit adalah....
A. meningkatnya lapangan pekerjaan penduduk sekitar
B. pendapatan penduduk semakin meningkat
C. berkurangnya habitat dan hewan asli penghuni hutan yang dibuka untuk perkebunan
D. meningkatnya pembangunan daerah
24. Dampak positif interaksi manusia dengan lingkungan pada penambangan batu bara adalah....
B. panas bumi
C. kompor
D. aliran listrik
16. Kabel jaringan listrik atau kabel telepon dipasang kendur dari tiang satu ke tiang lainnya agar tidak terputus ketika terjadi....
A. pemuaian
B. perubahan bentuk
C. pemanasan
D. penyusutan
17. Pada peristiwa di bawah, yang menjadi penghantar energi panas adalah....
A. kayu bakar
B. udara
C. angin
D. api unggun
A. konveksi
B. konduksi
C. radiasi
D. isolator
19. Aktivitas yang terjadi pada gambar di bawah, merupakan peristiwa perpindahan panas secara....
A. radiasi
B. konveksi
C. isolator
D. konduksi
20. Air yang dipanaskan di dalam panci. Ketika memanaskan air, air akan terlihat seperti diaduk. Peristiwa tersebut merupakan perpindahan panas secara....
A. konveksi
B. konduksi
C. radiasi
D. isolator
21. Perhatikan benda-benda berikut ini
1. Setrika
2. Ban
3. Pensil
4. Wajan
Benda-benda di atas yang bersifat isolator adalah....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
22. Hasil interaksi yang terjadi antara nelayan dengan alam bagi masyarakat sekitar adalah mudah mendapatkan....
A. sayur mayur
B. kelapa sawit
C. ikan segar
D. sarana transportasi
23. Dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan pada perkebunan kelapa sawit adalah....
A. meningkatnya lapangan pekerjaan penduduk sekitar
B. pendapatan penduduk semakin meningkat
C. berkurangnya habitat dan hewan asli penghuni hutan yang dibuka untuk perkebunan
D. meningkatnya pembangunan daerah
24. Dampak positif interaksi manusia dengan lingkungan pada penambangan batu bara adalah....
A. menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat
B. kerusakan lingkungan
C. wilayah yang menjadi area pertambangan akan terkikis, sehingga dapat menyebabkan erosi
D. terjadinya pemanasan global
25. Gambar tersebut terdapat kegiatan manusia danalam yang saling mempengaruhi. Adapun manfaat yang diperoleh manúsia dan kegiatan tersebut adalah....
B. kerusakan lingkungan
C. wilayah yang menjadi area pertambangan akan terkikis, sehingga dapat menyebabkan erosi
D. terjadinya pemanasan global
25. Gambar tersebut terdapat kegiatan manusia danalam yang saling mempengaruhi. Adapun manfaat yang diperoleh manúsia dan kegiatan tersebut adalah....
A. kegiatan manusia selalu berdampak negatif pada alam
B. manusia dapat mengolah tanah untuk pemukiman
C. manusia dapat mengelolah tanah untuk kegiatan pertanian
D. kegiatan manusia dapat merusak alam
26. Adanya usaha membuat kerajinan akan memberi keuntungan dan penghasilan bagi pemilik dan masyarakat di sekitarnya. Hal ini merupakan pengaruh usaha dalam bidang....
A. sosial
B. budaya
C. ekonomi
D. politik
27. Pengaruh keberadaan usaha kue bolu meranti Medan terhadap pembangunan sosial budaya masyarakat adalah....
A. meningkatnya pendapatan daerah
B. membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar
C. memperoleh penghasilan
D. bolu meranti menjadi ciri khas kota Medan
28. Dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah....
A. mempercepat pembangunan
B. terciptanya lapangan pekerjaan
C. menambah penghasilan daerah
D. dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan
29. Gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang dalam suatu peristiwa dinamakan....
A. gambar cerita
В. сегреn
C. komik
D. lukisan
30. Media yang digunakan untuk teknik basah dalam gambar cerita adalah.....
A. pensil warna
B. cat air
C. pensil
D. pulpen
31. Lagu Cublak-Cublak Suweng adalah lagu bertangga nada.....
A. pelog
B. slendro
C. minor
D. mayor
32. Jenis tangga nada yang hanya memiliki lima nada pokok tangga nada adalah....
A. mayor
B. pentatonis
C. minor
D. diatonis
33. Alat musik gamelan menggunakan tangga nada.....
B. diatonis
A. pentatonis
C. mayor
D. minor
34. Tari Saman menggunakan pola lantai....
B. manusia dapat mengolah tanah untuk pemukiman
C. manusia dapat mengelolah tanah untuk kegiatan pertanian
D. kegiatan manusia dapat merusak alam
26. Adanya usaha membuat kerajinan akan memberi keuntungan dan penghasilan bagi pemilik dan masyarakat di sekitarnya. Hal ini merupakan pengaruh usaha dalam bidang....
A. sosial
B. budaya
C. ekonomi
D. politik
27. Pengaruh keberadaan usaha kue bolu meranti Medan terhadap pembangunan sosial budaya masyarakat adalah....
A. meningkatnya pendapatan daerah
B. membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar
C. memperoleh penghasilan
D. bolu meranti menjadi ciri khas kota Medan
28. Dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah....
A. mempercepat pembangunan
B. terciptanya lapangan pekerjaan
C. menambah penghasilan daerah
D. dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan
29. Gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang dalam suatu peristiwa dinamakan....
A. gambar cerita
В. сегреn
C. komik
D. lukisan
30. Media yang digunakan untuk teknik basah dalam gambar cerita adalah.....
A. pensil warna
B. cat air
C. pensil
D. pulpen
31. Lagu Cublak-Cublak Suweng adalah lagu bertangga nada.....
A. pelog
B. slendro
C. minor
D. mayor
32. Jenis tangga nada yang hanya memiliki lima nada pokok tangga nada adalah....
A. mayor
B. pentatonis
C. minor
D. diatonis
33. Alat musik gamelan menggunakan tangga nada.....
B. diatonis
A. pentatonis
C. mayor
D. minor
34. Tari Saman menggunakan pola lantai....
A. horizontal
B. vertikal
C. diagonal
D. melengkung
35. Contoh tari kreasi daerah dari Jakarta adalah....
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
36. Berkata dan bersikap sopan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan di....
37. Semua bentuk kewajiban kita sebagai warga negara harus dilakukan dengan penuh....
38. Kita dapat menemukan informasi penting suatu bacaan dengan membuat....
39. Penjelasan dalam teks eksplanasi harus berisi informasi berdasarkan....
40. Wajan penggorengan terbuat dari bahan logam, karena....
41. Pemasangan rel kereta api yang bercelah dapat mencegah rel melengkung saat terjadi....
42. Upaya untuk mencegah tercemarnya air sungai, yaitu....
43. Keunikan suatu daerah dapat dijadikan sebagai modal untuk....
44. Tari pendet dari Bali menggunakan pola lantai....saat menari.
45. Fungsi dari gambar cerita adalah untuk....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
46. Tuliskan 3 (tiga) contoh hak kita sebagai warga masyarakat!
47. Tulislah kesimpulan dari teks tersebut!
48. Tuliskan tiga contoh benda-benda isolator!
49. Tulislah tiga dampak positif dan interaksi manusia dengan lingkungan pada perkebunan kelapa sawit!
50. Tulislah tiga contoh lagu daerah bertangga nada pentatonik slendro!
B. vertikal
C. diagonal
D. melengkung
35. Contoh tari kreasi daerah dari Jakarta adalah....
36. Berkata dan bersikap sopan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan di....
37. Semua bentuk kewajiban kita sebagai warga negara harus dilakukan dengan penuh....
38. Kita dapat menemukan informasi penting suatu bacaan dengan membuat....
39. Penjelasan dalam teks eksplanasi harus berisi informasi berdasarkan....
40. Wajan penggorengan terbuat dari bahan logam, karena....
41. Pemasangan rel kereta api yang bercelah dapat mencegah rel melengkung saat terjadi....
42. Upaya untuk mencegah tercemarnya air sungai, yaitu....
43. Keunikan suatu daerah dapat dijadikan sebagai modal untuk....
44. Tari pendet dari Bali menggunakan pola lantai....saat menari.
45. Fungsi dari gambar cerita adalah untuk....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
46. Tuliskan 3 (tiga) contoh hak kita sebagai warga masyarakat!
Suhu sangat erat hubungannya dengan panas. Di dalam lingkungan kadang-kadang pengertian suhu dan panas tidak dapat dibedakan. Jika seseorang menanyakan nilai derajat panas tubuhnya, orang yang ditanya menjawab nilai 37 derajat. Jawaban ini tidak benar karena suhu dan panas adalah dua hal yang berbeda. Panas merupakan salah satu energi, sedangkan suhu merupakan derajat panas suatu benda.
48. Tuliskan tiga contoh benda-benda isolator!
49. Tulislah tiga dampak positif dan interaksi manusia dengan lingkungan pada perkebunan kelapa sawit!
50. Tulislah tiga contoh lagu daerah bertangga nada pentatonik slendro!